Senin, 10 Desember 2012

Takoyaki jadi Takobakwan --"

kejadian ini terjadi hari minggu, waktu tanggal 9 Desember, 2012. gue yang baru bangun dengan cantiknya langsung ke dapur buat cuci piring. Maklum, tugas gue di rumah itu adalah cuci piring.

Mama udahj pulang dari aktifitas paginya, yaitu senam pagi. Mama duduk di kuris sambil minum kopimiknya (entah tulisannya kaya apa). Selesai cuci piring gue bilang ke mama kalau mau buat takoyaki, mama langsung iyain dan berangkatlah kita ke pasar buat beli bahan-bahannya dan sekalian belanja mingguan.

Gue catat tuh di kertas sambil pilih-pilih bahan. ternyata yang berlu di beli cuma cumi-cumi, wortel, sama kol. Selebihnya bahan-bahan buat takoyaki udah ada di rumah. Gue perhatiin lagi resep gue, ada saus jepang sama tempura gitu. Gue bingung terus mikir. Dan akhirnya gue memutuskan untuk melupakan bahan-bahan yang entah mesti di dapatkan di mana dan menggantinya dengan bahan-bahan Indonesia. Gue ganti sama saus pedas manis biasa aja.

Pulang dari pasar, gue langsung di sodorin ayam, ikan, sama cumi-cumi, di suruh bersihin --" berhubung gue anak yang baik dan berbakti gue bersihin dulu tu cumi-cumi sebelum gue buat takoyaki. Selesai semuanya gue bersihin, mulailah gue membuat masakan Jepang itu, singsingkan lengan baju, daaaaaaan MULAAAAIIII!!!!!

Pertama-tama gue potong-potong cumi-cumi jadi kotak-kotak dulu, setelah itu gue kasih garam dan gue serahkan ke mama buat di goreng, soalnya mama lagi goreng ikan sama tahu juga. Setelah itu gue potong-potong wortel jadi bentuk kotak-kotak, dan gue potong juga kolnya. Masalahnya itu gue belum mahir masak --" jadi ya gue motongnya asal-asalan aja. Selesai motong-motong gue masukin ke dalam tepung trigu yang sudah di campurkan beking powder dan air. Nyariiiis gue hampir lupa masukin telur dua biji --" setelah itu gue panasin lah tempat khusus buat takoyakinya. Dan kampretnya gue baru ngeh, kalau tempat masaknya itu bentuknya lebih besar --" jadi ini tempat masak buat sarabi atau martabak kecil-kecil gitu, jadi bentunya lebih pipih, bukan bulaaaaaatt!!

Ah sial! Ok, itu gak gue pikirin, biarin bentuknya aneh asal rasanya enak. Berbekal kepercayaan diri, gue masukin deh tu adonan ke tempat masaknya. Terus mama gue bilang "Itu kolnya di potong gak kebesaran tuh?"

Gue cengo dan memperhatikan dengan teliti kol gue. Bener! potongnya gede-gede amat. Ah kampret lagi!!

Gue jawab aja "Biarin deh ma, yang penting enak"

Waktu gue sibuk ngegoreng, datang kakak sepupu gue, kak eka. Dia bilang gini "Itu takoyaki apa bakwan?"

Dan gue baru ngeh lagi kalau takoyaki yang gue buat kaya bakwan T^T cuma bedanya bakwan di masak pakek banyak minyak, gue cuma pakek sedikit minyak dan setelah itu gak pakek minyak lagi.

Ini lah hasil takobakwan yang gue buat



(maap gue gak upload potonya langsung, soalnya ada di hp gue)

sangat berbeda jaaaaaaauuuuhhh dari takoyaki yang seharusnya


Dan  sepertinya gue harus banyak belajar lagi untuk membuat takoyaki yang baik dan benar --"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar